Jumat, 31 Oktober 2008

Uraian Materi Geografi


Wilayah Indonesia luasnya sekitar 9,8 juta km2, terdiri atas wilayah daratan yang luasnya sekitar 1,9 juta km2 dan wilayah perairannya sekitar7,9 juta km2. Di wilayah Indonesia yang luas itubanyak terdapat sumber daya alam, baik itu sumber daya alam yang bisa diperbaharui maupunsumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui.
Keberadaan sumber daya alam Indonesia tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain berikut ini.
1. Secara astronomis, Indonesia yang terletak di daerah tropika dengan curah hujan yang tinggi menyebabkan beraneka ragam jenis tumbuhan dapat tumbuh subur. Karena itu, Indonesia kaya akan berbagai jenis tumbuhan
2. secara geologis, Indonesia terletak pada pertembuhan jalur pergerakan lempeng tektonik dan pegunungan muda, yaitu pegunungan sirkum pasifik dan sirkum medaterania. Letak geologis Indonesia menyebabkan di Indonesia banyak dijumpai rangkaian gunung api aktif sehingga memungkinkan terbentuknya berbagai macam sumber daya mineral yang potensial untuk dimanfaatkan.
3. Wilayah lautan di Indonesia mengandung berbagai macam sumber daya mineral, nabati, dan hewani.

Pengeloaan sumber daya alam merupakan sutu upaya terpadu dalam pemanfaatan ,penataan , pemeliharaan, pengawasan, pengendaliaan , pemulihan, dan pengembangan sumber daya alam. UU No 11 tahun 1974 tentang pengairan mengatur pelestarian air dan sumber-sumber air. Kelestarian air harus harus dijaga , dilindungi, diamankan, dan dipertahankan , antara laindengan cara sebagai berikut.
1. Melakuakan usaha penyelamatan tanah air
2. Melakukan pengamanan dan pengendalian daya rusak air dan daerah sekitarnya.
3. Mencegah terjadinya pencemaran air.

UU no.11 tahun 1974 tentang ketentuan-ketentuan pokok pengelolahan lingkungan hidup.
Sumber daya alam yang ada di ndonesia dan pengelolaannya antara lain sebagai berikut.
1. Sumber daya tanah
Indonesia merupakan wilayah agraris, karena sebagian besar rakyat Indonesia bekerja di sector pertaniaan . tanah di Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka menunjang produksi pertanian.
Secara umum tingkat kesuburan tanah tanah di Indonesia dibedakan menjadi :
a) Tanah subur
Di berbagai tanah yang subur di Indonesia , tanah vulkanik merupakan jenis tanah yang paling subur.
b) Tanah kurang subur
Jenis tanah yang kurang subur antara lain tanah pasir, tanah gambut, tanah kapur. Yang terdaapat di pulau jawa, sumatera dan Sulawesi.
c) Tanah tidak subur
Tanah yang kurang subur adalah tanah yang tandus antara lain karena mengalami proses pencucian oleh air hujan. Salah stu tanah yang kurang subur adalah tanah laterit. Jenis tanah ini terdapat di jawa bagian barat dan selatan serta di pulau kaliamantan di bagian barat.

2. Sumber daya air
Air merupakan sumber daya alam yang mutlak diperlukan bagi kehidupan. Di permukaan bumi, air dibedakan menjadi air tanah, air sungai, air danau , air hujan, dan air laut.
Cara yang dapat dilakukan untuk mengelolah sumber daya air antara lain sebagaui berikut, yaitu:
a. Pembangunan bendungan atau waduk dan penataan sungai, penggunaan air sungai, penggunaan air tanah dan air laut.
b. Menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari.
c. Memperbaiki saluran atau penampungan air bersih yang mengalami kebocoran.
3. Sumber daya udara
Udara terdiri atas berbagai unsur yang merupakan sumber kehidupan. Unsure-unsur yang terdapat di dalam udara antara lain oksigen, nitrogen, dan karbondioksida. Uadara merupakan salah satuunsur penting untuk kelangsungan hidup di bumi. Tanpa udara tidak aka nada makhluk yang akan hidup, cara-cara yang dapat digunakann dalam pengelolaan udara antara lain sebagai berikut
a) Menekan pertumbuhan populasi manusia serta meperkcil penghamburan dan penggunan energy di pabrik
b) Mengaanti energy minyak dengan energy lain.
c) Memperkecil penggunaan mobil pribadi
d) Menggunakan kendaraan irit bahan bakar
e) Memasang penyaring pada cerobing asap pabrik
4. Sumber daya hutan
Hutan merupakan suatu areal tanah yang diatasnya ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan da ukuranya, memberikan menfaat bagi manusia. Berdasarkan pengertian tersebut bahwa hutan merupakan sumber daya alam yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem.
Adanya penebangan hutan dan kebakaran hutan secara sengaja maupaun tidak menjadikan uas areal hutan semakin berkurang, hal itu berakibat berkurangnya peran fungsi hutan sebagai paru-paru dunia yang menjaga keseimbangan co2. Berkurangntya co2 akan meningkatkan kandungan kandungan co2 di atmosfer .
Dan meningkatkan suhu bumi. Akibat lain kerusakan hutan adalah :
a) Kekuatan badai akan meningkat
b) Flora dan fauna akan meningkat
c) Tanah longsor
d) Banjir pada musim hujan, dankekeringan pada musim kemarau
Jenis-jenis hutan yang terdapat di Indonesia, antara lain :
a) Hutan hujan tropis
Terdapat di lingkungan iklim tropika. Jenis hutanini ditandai oleh keanekaragaman tumbuhan yang di sebut hutan heterogen.
b) Hutan muson (musim ) tropika
Terdapat di kawasan tropika yang perbedaan musim hujan dan kemaraunya sangat jelas. Yang dicirikan danya tanaman merangas dan menggugurkan daunnya pad amusim kemarau
c) Hutan manrove
Hutan mangrove tumbuh disekita datara pantai yang berlumpur. Jenis tanamannya yang memenuhi hutan mangrove antara lain bakau dan nipa.
5. Sumber daya mineral
Sebagian besar wilayah Indonesia terdiri atas pulau-pulau yang dilalui gunung api baik sitem pegunungan sirkum pasifik maupun sirkum mediterania. Kedua jalur gunun api tersebut mempengaruhi terbentuknya magma dan berbagi mineral yang terletak pada tubuh gunung berapi.kepulauan Indonesia dihubungkan oleh laut dangkal sebagai tempat hidup plangton yang merupakan bahan dasar tambang minyak, gas bumi, aspal. Oleh karena itu Indonesia juga kaya dengan bahan tambanga tersebut.

Tidak ada komentar: